Terkadang kita sebagai manusia terlalu berharap dengan apa yang jauh disana, padahal yang terbaik sudah didepan mata. Dan terkadang lawan bicara kita tidak tau bahwa dirinya tengah dicintai. Karena wanita adalah makhluk yang aneh,saat kita yakin kepadanya, dia berubah dan pergi.

Jumat, 17 Oktober 2014

Kependudukan

Pertumbuhan Individu

Sip masih bersama gue Syafiqur Rahman seorang mahasiswa gunadarma kelas 1KA13 yang akan mejelaskan tentang Individu, Keluarga dan Masyarakat. Oke langsung saja kita mulai dengan yang pertama. Individu. Jadi individu itu berasal dari kata yunani(kenapa yunani terus?)yaitu “individium” yang artinya “tidak terbagi". Tapi bukan berarti manusia sebagai suatu keseluruhan yang tidak dapat dibagi, melainkan sebagi kesatuan yang terbatas, yaitu sebagai manusia perseorangan. Menurut konsep Sosiologis, individu berarti manusia yang hidup berdiri sendiri(njonja meneer). Apa itu pertumbuhan individu? Menurut aliran psikologi gestalt, pertumbuhan adalah proses diferensiasi yang pokok dalam keseluruhan sedangkan yang lainnya hanya mempunyai arti sebagai bagian dari keselurhan dalam hubungan fungsional dengan bagian-bagian yang lain. Nah ledakan penduduk yang dialami Indonesia itu disebabkan oleh pertumbuhan individu yang tidak terkendali. Nih gue kasih beberapa faktor yang menyebabkan pertumbuhan indivu :

1. Faktor biologis. Seperti pernikahan, perkawinan, kemudian kehamilan.

2. Faktor Geografis. Mempunyai lingkungan yang berbeda.

3. Faktor Kebudayaan Khusus. Ini yang membuat kepribadian antar-individu berbeda.

                 Gak mungkin manusia bisa hidup sendiri, maka dari itu manusia butuh orang lain untuk memenuhi kebutuhannya. Siapa? Keluarga. Jadi menurut Bahasa, Keluarga berasal dari bahasa Sanskerta: "kulawarga"; "ras" dan "warga" yang berarti "anggota" adalah suatu lingkungan yang terdapat beberapa orang yang masih memiliki hubungan darah. Sementara menurut Wikipedia, keluarga adalah unit terkecil dari masyarakat yang terdiri atas kepala keluarga dan anggota keluarga yang terkumpul dan tinggal di suatu tempat. Nah keluarga ini punya fungsi, diantaranya :
1.Fungsi Afektif. Fungsi internal sebagai dasar kekuatan keluarga seperti kasih        sayang, saling menghargai dan sebagainya.
2.Fungsi Sosialisasi. Fungsi yang mengembangkan proses interaksi dalam keluarga.
3.Fungsi Reproduksi. Untuk meneruskan keturunan.
4.Fungsi Ekomomi. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Nah, keluarga-keluarga yang menempati suatu wilayah tertentu dan membentuk sistem semi-tertutup disebut masyarakat. Sementara menurut Syaikh Taqyuddin An-Nabhani, sekelompok manusia dapat dikatakan sebagai sebuah masyarakat apabila memiliki pemikiran, perasaan, serta sistem/aturan yang sama. Masyarakat itu ada golongannya lho.  Pertama. Masyarakat sederhana, yang memiliki pola pembagian kerja cenderung dibedakan menurut jenis kelamin. Contohnya masyarakat pedesaan.  Kedua. Masyarakat modern. Nah masyarakat modern ini kebalikannya dari
masyarakat sederhana. Contohnya masayrakat perkotaan.  Ketiga. Masyarakat non-industri yang terbagi menjadi 2 kelompok. Yaitu Primer dan Sekunder. Apa bedanya? Primer. Interaksi lebih intensif, lebih erat, lebih akrab dan lebih dekat. Sekunder. Hubungannya gak langsung semacam LDR gitu  formal, dan kurang bersifat kekeluargaan. Keempat. Masyarakat industri. Jadi ini adalah masyarakat yang pembagian kerjanya kompleks sementara solidaritas didasarkan pada hubungan ketergantungan antara kelompok masyarakat.
Nah itu semua kan berasal dari individu tapi lo tau gak makna dari individu? Makna individu itu adalah mandiri. Mandiri disini melalui proses pemantapan dalam pergaulan di lingkungan. Menurut Sigmund Freud, pribadi manusia sudah mulai terbentuk pada saat manusia berumur 5-6 tahun. Makna keluarga? Keluarga itu tempat lu mendapat kasih sayang, mendapat perhatian dari orang tua dan belajar mengasihi antar anggota keluarga. Keluarga, tempat dimana lo ga bisa menemukan kebahagiaan yang bisa dibeli oleh uang. Tempat dimana lo bisa "gila" tanpa ada yang protes sama lo. Makna masyarakat? Suatu wilayah dimana lo belajar berinteraksi, belajar bersosisalisai, belajar bagaimana mengetahui arti kehidupan.
Nah ketiganya itu mempunyai hubungan yang unik. Hubungan individu dengan keluarga itu erat, karena dilandasi oleh nilai, norma, dan aturan yang lisan. Dengan adanya keluarga maka individu memiliki tanggung jawab yang melekat. Sementara hubungan individu dengan masyarakat itu terletak dalam sikap saling menghargai hak dan kewajiban.



Lanjut ke urbanisasi. Urbanisasi adalah perpindahan penduduk dari desa ke kota. Nah ini merupakan masalah yang serius dan sulit ditangani. Kenapa? Sebab orang desa berpikiran kalo kita mencari kerja dikota terutama jakarta, bakal kaya atau menjadi tokoh masayrakat. Salah men!!! Jakarta keras coy!!! Maling aja di maling. Oke lanjut ke materi gue, proses terjadinya urbanisasi. Jadi proses terjadinya urbanisasi itu diawali karena kebutuhan ekonomi. Wajar orang orang mencari uang untuk kebutuhan. Yang kedua kebutuhan pendidikan. Dikota dapet pendidikan minimal wajib belajar 9 tahun sementara untuk Jakarta 12 tahun. Oke itu beberapa sub-bab materi gue semoga yang baca seneng dan sering mampir ke blog gue walapun isinya baru dikit. Semoga bermanfaat.

Sumber
Sumber
Jakarta, 17 Oktober 2014

0 komentar:

Posting Komentar