Terkadang kita sebagai manusia terlalu berharap dengan apa yang jauh disana, padahal yang terbaik sudah didepan mata. Dan terkadang lawan bicara kita tidak tau bahwa dirinya tengah dicintai. Karena wanita adalah makhluk yang aneh,saat kita yakin kepadanya, dia berubah dan pergi.

Jumat, 03 Oktober 2014

Pertumbuhan Penduduk, Kebudayaan dan Kepribadian serta Kebudayaan Barat.

          Oke balik lagi sama gue semoga yang baca ga bosen yee  So, kali ini gue bakal ngebahas tentang pertumbuhan penduduk.Ditemani sebuah sajadah bekas soljum tadi dan sebuah peci yang ga begitu bau serta perut yang menggelar konser (baca : kelaperan) gue menulis dengan rasa resah. Jadi yang pertama, pertumbuhan penduduk itu adalah suatu perubahan populasi manusia. yang bisa dihitung dengan adanya perubahan dalam setiap individu.



 Nah itu adalah tabel pertumbuhan penduduk Indonesia dari tahun 1930-2005. Liat sendiri kan seberapa besar laju pertumbuhan penduduk di Indonesia?! Saran gue nih buat ngurangin laju pertumbuhan penduduk, kalo ada yang mau bunuh diri jangan dilarang justru kita harus mendukung biar semakin kecil laju pertumbuhan kita. Walaupun cuma satu tapi kan sedikit demi sedikit jadi banyak  .


Nah kalo ini grafik pertumbuhan penduduk sampe tahun 2010, susah cuy nyari data tahun 2014 soalnya kan data ini berdasarkan sensus penduduk yang diadakan 10 tahun sekali. Kenapa 10 tahun sekali??? Soalnya kalo 4 tahun sekali namanya piala dunia.




Oke selanjutnya kita menuju ke Penggandaan Penduduk. Jadi yang dimaksud dengan penggandaan penduduk itu adalah suatu perubahan populasi atau jumlah kehidupan yang dibarengi dengan angka jumlah penduduk, dan ada peningkatan maupun penurunan setiap 6 tahun sekali. 



Nah, kaya gitu tuh penggandaan penduduk, cuman yaaa itu tahun 2006 udah lama juga siiih, susah nyarinya cuy.





Ada beberapa faktor nih yang memengaruhi pertambahan penduduk yaitu : 

               1. Kelahiran (fertilitas). Gue jelasin sedikit tentang kelahiran yee. Jadi yang dimaksud dengan kelahiran itu adalah sebuah istilah dalam demografi yang mengindikasikan jumlah anak yang dilahirkan hidup, dalam pengertian lain fasilitas adalah hasil produksi yang nyata dari fekunditas seorang wanita.
                2. Kematian (mortalitas). Sedikit tentang kematian. Kematian adalah ukuran jumlah kematian umumnya karena akibat yang spesifik pada suatu populasi. Ga ada yang abadi didunia ini cuy .
                 3. Perpindahan (migrasi). Secuil tentang migrasi nih. Migrasi atau perpindahan adalah peristiwa berpindahnya suatu organisme dari suatu tempat ke tempat lainnya. Contohnya, pacar diambil orang .

Oke itu adalah beberapa faktor yang memengaruhu pertumbuhan penduduk. Selanjutnya gue mau ngasih ke lu lu pada sebuah rumus. Bukan rumus menggaet gebetan yeee, tapi rumus tingkat kematian kasar. Gue jelasin sedikit tentang kematian yang kasar yee. Jadi yang dimaksud kematian yang kasa itu adalah tingkat kematian yang ga bisa diperkirakan setiap tahunnya. 

Nah itu rumus kematian kasar  atau CDR (bukan minuman buat tulang yee). Oke selain kematian kasar ada juga kematian khusus. Seciduk tentang kematian khusus. Kematian khusus adalah banyaknya orang yang mati sampai 1000 penduduk pada usia tertentu pertahun.

Nah itu rumus kematian khusus atau ASDR (Age Specific Death Rate). Nah ada lagi nih namanya Angka Kelahiran. Nah yang pertama Angka kelahiran kasar. Secuil tentang Angka Kelahiran Kasar. Suatu angka yang menunjukkan banyaknya kelahiran pada tahun tertentu per 1000 penduduk pada pertengahan tahun yang sama disebut Angka Kelahiran Kasar. 

Nah itu tuh rumus Angka Kelahiran Kasar. Ada lagi nih namanya Angka Kelahiran Umum. Sedikit tentang AKU(Angka Kelahiran Umum). Angka kelahiran umum atau General Fertility Rate (GFR) adalah banyaknya kelahiran tiap 1.000 wanita yang berusia 15 - 49 tahun pada pertengahan tahun. 
Nah itu rumusnya, dimana : 

L = banyaknya kelahiran selama satu tahun
W(15 - 49) = banyaknya penduduk wanita yang berumur 15 – 49 Tahun


Yang terakhir adalah angka kelahiran khusus. Sedikit tentang angka kelahiran khusus. Angka kelahiran khusus atau Age Spesific Birth Rate (ASBR) menunjukkan banyaknya bayi lahir setiap 1.000 orang wanita pada usia tertentu dalam waktu satu tahun. 



Nah itu rumus angka kelahiran khusus dimana : 

B = jumlah kelahiran dari wanita pada kelompok umur tertentu
P = jumlah wanita pada kelompok umur tertentu


Lanjut ke Migrasi ya Bung. Menurut Abang Wikipedia Migrasi adalah perpindahan penduduk dengan tujuan untuk menetap dari suatu tempat ke tempat lain melewati batas administratif (migrasi internal) atau batas politik/negara (migrasi internasional). Migrasi juga punya proses yaitu : 

                1. Migrasi bertahap

                2. Migrasi langsung. 


Karena migrasi yang ada di Indonesia gila-gilaan dampaknya juga gila-gilaan. 

Dampak Positif : Meningkatkan taraf hidup 
                            Memenuhi kebutuhan tenaga kerja di kota
                            Mengurangi pengangguran
                            Perekonomian di kota semakin berkembang

Dampak Negatif : Berkurangnya tenaga terampil dan terdidik di desa
                              Produktivitas pertanian di desa menurun
                              Meningkatnya tindak kriminalitas di kota
                              Lalu lintas di kota sangat padat, sehingga sering menimbulkan kemacetan lalu lintas.


                     Oke selanjutnya gue ngebahas tentang Jenis struktur penduduk. 

1. Piramida penduduk muda.
            Piramida ini menggambarkan komposisi penduduk dalam pertumbuhan dan sedang berkembang serta jumlah angka kelahiran lebih besar dari pada jumlah kematian.

2. Piramida stasioner.
            Piramida ini menggambarkan keadaan penduduk yang tetap sebab tingkat kematian rendah dan tingkat kelahiran tidak begitu tinggi.

3. Piramida penduduk tua.
            Piramida ini menggambarkan adanya penurunan tingkat kelahiran yang sangat pesat dan tingkat kematian kecil sekali. Apabila angka kelahiran jenis kelamin pria besar, maka suatu negara bisa kekurangan penduduk.





Nah ini piramida penduduk tua. 


Yang ini piramida stasioner.       


Ini piramida penduduk muda.






           Oke selanjutnya gue mau menjelaskan sedikit tentang rasio ketergantungan. Rasio ketergantungan adalah suatu angka yang menunjukkan perbandingan jumlah penduduk golongan umur yang sudah menghasilka dan yang belum menghasilkan atau kata lain produktif kerja lagi dengan jumlahpenduduk golongan umur produktif kerja. Dan biasanya dinyatakan dalam jenis persen.





 Yang kedua. Kebudayaan dan Kepribadian.

            Jadi disini gue sedikit ngedongeng tentang pertumbuhan dan perkembangan budaya di Indonesia sama ngejelasin kebudayaan Hindu, Buddha dan Islam. Oke jadi pertumbuhan dan perkembangan budaya di Indonesia itu ada 2 yaitu zaman batu tua dan zaman batu muda.
             Dikisahkan pada zaman batu tua alat-alat batu, baik bentuk atau pun permukaan peralatan masih kasar, misalnya kapak genggam .Nah kapak genggam semacam itu kita kenal dari wilayah Eropa, Afrika, Asia Tengah, sampai Punsjab(India), tapi kapak genggam semacam ini gak kita temukan di daerah Asia Tenggara. Berdasarkan penelitian para ahli prehistori, bangsa-bangsa Proto-Austronesia pembawa kebudayaan Neolithikum berupa kapak batu besar atau pun kecil bersegi-segi berasal dari Cina Selatan, menyebar kearah selatan, ke hilir sungai-sungai besar sampai kesemenanjung Malaka terus menyebar ke Sumatera, Jawa. Kalimantan Barat, Nusa Tenggara, sampaike Flores, dan Sulawesi, dan berlanjutke Filipina.Kapak-kapak tersebut diasah sampai mengkilap (pake KIT mungkin )
 dan di ikat pada tangkai kayu dengan menggunakan rotan.Sebagai tambahan seiring persebaran kapak batu tersebut, tersebar pula Bahasa Proto-Austronesia yang merupakan induk dari bahasa dari bangsa-bangsa di sekitar Samudera Indonesia dan Samudera Pasifik.Karena perkembangannya muncul bahasa melayu yang nantinya di negara Indonesia berkembang menjadi bahasa Indonesia.
              Beberapa abad kemudian tepatnya pada zaman batu muda, manusia di zaman ini benar-benar membawa revolusi. Mereka,mulai hidup menetap, membuat rumah, membentuk kelompok masyarakat desa.bertani dan berternak untuk dapat memenuhhi kebutuhan hidup. Pada zaman batu muda ini telah mengenal dan memiliki kepandaian mencairkan logam dari biji besi dan menuangkan ke dalam cetakan dan di dinginkan.oleh karena itu mereka dapat membuat aneka ragam senjata berburu dan berperang serta alat-alat lain yang mereka perlukan. Apa yang membedakan zaman batu tua dan zaman baatu muda? Simple sebenernya, di zaman batu tua manusia belom mengenal tulisan, sementara di zaman batu muda manusia sudah mengenal tulisan dengan ditemukannya lukisan di gua-gua.


Hindu-Buddha


Alkisah pada ke-3 dan ke-4 agama Hindu masuk ke Indonesia, khususnya pulau jawa.
Hindu yang berasal dari india itu berlangsung luwes dan mantap dimasyarakat. Pada abad ke-5, ajaran budha masuk ke Indonesia, khususnya ke sekitar pulau jawa.Agama budha dapat dikatakan berpandangan lebih maju dari pada Hindu, sebab Buddha tidak ada kasta-kasta dalam kehidupan atau masyarakatnya. Dengan demikian,kedua agama tersebut khususnya di pulau jawa tumbuh dan berkembang berdampingann secara damai. Baik penganut hindu maupun budha melhirkan karya-karya budaya yang bernilai tinggi dalam seni bangunan atau arsitektur. Relief-relief yang diabadikan dalam candi –candi di jawa tengah ataupun jawa timur. 



Islam

Dikisahkan pada abad ke-15 dan 16, agama Islam telah berkembang di Indonesia. Oleh para pemuka-pemuka atau tokoh-tokoh Islam yang sering kita dengar dengan sebutan Wali Songo. Titik sentral penyebaran agama Islam pada abad itu berada di pulau Jawa. Sebenarnya agama Islam masuk ke Indonesia sudah lama sebelum abad ke-11 sudah ada batu nisan wanita Islam yang ada di kota Gresik. Masuknya agama Islam ke Indonesia, berlangsung secara damai dan tentram tanpa ada yang syirik ayaupun dendam. Hal ini disebabkan karena Islam dimasukan ke Indonesia tidak dengan secara paksa. Melainkan dengan cara baik-baik. Disamping itu disebabkan oleh sikaf toleransi yang dimiliki bangsa kita. Islam masuk dari pewayangan. Saat itu siapa saja yang ingin menonton wayang harus mengucapkan 2 Syahadat. Pengucapan itu juga diperintahkan oleh salah satu walisongo.

Agama Islam berkembang pesat di Indonesia dan menjadi agama yang mendapat penganut sebagian besar penduduk Indonesia. Tak dapat dipungkiri lagi, bahwa kebudayaan islam berpengaruh besar bagi perkembangan kebudayaan dan kepribadian bangsa Indonesia.




Kebudayaan Barat




              Kebudayaan di Indonesia sangatlah beragam dan kaya, dengan banyaknya suku bangsa, agama, adat istiadat, serta status sosial. Kebudayaan Indonesia sebagian besar terdiri dari tradisi-tradisi yang telah lama melekat di diri bangsa Indonesia. Kini, keberlangsungan budaya Indonesia mulai dikhawatirkan akan memudar, seiring maraknya globalisasi yang menuntut kita untuk bisa berubah dan menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar yang sudah mulai terpengaruh budaya luar/ Barat. Kita sebagai generasi muda harus mampu mempertahankan kebudayaan Indonesia yang saat ini mulai terkikis dengan adanya kebudayaan barat.
               Kebudayaan Barat sudah mendominanisasi segala aspek. Segala hal selalu mengacu kepada Barat. Peradaban Barat telah menguasai dunia. Banyak perubahan-perubahan peradaban yang terjadi di penjuru dunia ini. Kebudayan Barat hanya sebagai petaka buruk bagi Timur. Timur yang selalu berperadaban mulia, sedikit demi sedikit mulai mengikuti kebudayaan Barat. Masuknya budaya Barat ke Indonesia disebabkan krisis globalisasi dan modernisasi yang meracuni Indonesia. Pengaruh tersebut berjalan sangat cepat dan menyangkut berbagai bidang kehidupan. Tentu saja pengaruh tersebut akan menghasilkan dampak yang sangat luas pada sistem kebudayaan masyarakat. 




Bonus!!!!





Sumber
Sumber
Sumber

Jakarta, 3 Oktober 2014

0 komentar:

Posting Komentar