Terkadang kita sebagai manusia terlalu berharap dengan apa yang jauh disana, padahal yang terbaik sudah didepan mata. Dan terkadang lawan bicara kita tidak tau bahwa dirinya tengah dicintai. Karena wanita adalah makhluk yang aneh,saat kita yakin kepadanya, dia berubah dan pergi.

Selasa, 21 Oktober 2014

Pemuda dan Sosialisasi

Oke jadi kali ini gue bakal ngebahas tentang pemuda dan sosialisasi. Jadi gue akan menulis ini dengan kucing gue yang lagi tidur.oke lanjut ke bahasan blog gue, pemuda. Tau gak pemuda itu apa? Menurut kamus besar bahasa Indonesia, pemuda itu adalah harapan bangsa. Sementara menurut gue pemuda itu adalah suatu generasi yang dipundaknya terbebani berbagai macam – macam harapan, terutama dari generasi lainnya dan mempunyai tanggung jawab untuk memajukan bangsa dan negara. Sementara sosialisasi sendiri adalah sebuah penanaman nilai, kebiasaan, dan aturan dari generasi ke generasi untuk mensejahterakan masyarakat.

Oh iya satu lagi internalisasi. Jadi internalisasi adalah proses norma-norma kemasyarakatan yang tidak berhenti sampai institusionalisasi saja,akan tetapi mungkin norma-norma tersebut sudah mendarah daging dalam jiwa anggota-anggota masyarakat. 
Nah sosialisasi itu ada tahap tahapnya yaitu : 

               Preparatory Stage

             Tahap ini dialami sejak manusia dilahirkan, saat seorang anak mempersiapkan diri untuk mengenal dunia sosialnya, termasuk untuk memperoleh pemahaman tentang diri. Pada tahap ini juga anak-anak mulai melakukan kegiatan meniru meski tidak sempurna.

                Play Stage

                Tahap ini ditandai dengan semakin sempurnanya seorang anak menirukan peran-peran yang dilakukan oleh orang dewasa. Pada tahap ini mulai terbentuk kesadaran tentang jati diri  Anak mulai menyadari tentang apa yang dilakukan seorang ibu dan apa yang diharapkan seorang ibu dari anak. Dengan kata lain, kemampuan untuk menempatkan diri pada posisi orang lain juga mulai terbentuk pada tahap ini.
           
                 Game stage

               Di tahap ini peniruan yang dilakukan sudah mulai berkurang dan digantikan oleh peran yang secara langsung dimainkan sendiri dengan penuh kesadaran. Kemampuannya menempatkan diri pada posisi orang lain pun meningkat sehingga memungkinkan adanya kemampuan bermain secara bersama-sama.
           
                Generalize other.
               
                Pada tahap ini seseorang telah dianggap dewasa. Dia sudah dapat menempatkan dirinya pada posisi masyarakat secara luas. Dengan kata lain, ia dapat bertenggang rasa tidak hanya dengan orang-orang yang berinteraksi dengannya tapi juga dengan masyarakat luas. 

Sebenernya tujuan pokok sosialisasi itu untuk menambahkan pengetahuan, ilmu kepada seseorang  untuk dapat hidup di masyarakat, serta berkomunikasi secara efektif. Sebagai mahasiswa juga ada peranannya juga, mahasiswa mendapat tempat istimewa karena mereka dianggap kaum intelektual yang sedang menempuh pendidikan. Secara tak sadar namun perlahan tapi pasti, para generasi muda dihinggapi dengan idiologi baru dan perilaku umum yang mendidik mereka menjadi bermental instan dan bermental bos. Mahasiswa itu menempati kasta tertinggi dalam demokrasi kenapa? karena presiden pun bisa diturunkan dengan mahasiswa


FYI pola dasar pembinaan dan pembangunan generasi muda ditetapkan oleh Mendikbud dalam Keputusan Menteri Pendidkan dan Kebudayaan nomor : 0323/U/1978 tanggal 28 oktober 1978. Tujuannya ya biar semua pihak yang bersangkutan dan berkepentingan dalam penanganannya benar-benar menggunakannya sebagai pedoman sehingga pelaksanaannya dapat terarah, menyeluruh dan terpadu serta dapat mencapai sasaran dan tujuan yang dimaksud. Apasih pengertian pokok pembinaan dan pengembangan generasi muda? Jadi gini generasi muda diharapkan bisa melakukan tugas dan tanggung jawab untuk kelestarian kehidupan bangsa dan negara. Untuk itu generasi muda perlu mendapatkan perhatian khusus untuk dapat tumbuh dan berkembang. Selain itu perlu diadakan upaya atau program yang melibatkan peran serta semua pihak baik keluarga, lembaga pendidikan, organisasi pemuda, masyarakat dan terutama generasi muda itu sendiri. Dimaksudkan agar arah kebijakan pembinaan generasi muda dalam pembangunan nasional dapat menggariskan bahwa pembinaan perlu dilakukan dengan mengembangkan suasana kepemudaan yang sehat dan tanggap terhadap pembangunan masa depan untuk bangsa dan negara.


Selain pembinaan ada juga masalah dalam generasi muda seperti menurunnya jiwa idealisme,belum seimbangnya antara jumlah generasi muda dengan fasilitas pendidikan yang tersedia, baik yang formal maupun non formal, kurangnya gizi yang dapat menyebabkan hambatan bagi perkembangan kecerdasan dan pertumbuhan badan di kalangan generasi muda dan masih banyak lagi. Setelah dibina banyak generasi muda yang memiliki potensi seperti dinamika dan kreativitas, berani dalam mengambil resiko, patriotisme dan nasionalisme serta masih banyak lagi. Ada juga nih potensi yang harus dikembangkan antara lain kemandirian, disiplin, tanggung jawab dan masih banyak lagi. Pembinaan dan pengembangan potensi angkatan muda pada tingkat perguruan tinggi, lebih banyak diarahkan dalam program-program studi dalam berbagai ragam pendidikan formal. Oleh karena itu, pembinaan dan perhatian khusus harus diberikan bagi kebutuhan dan pengembangan potensi mereka. Caranya? Harus bisa mengembangkan kemampuannya, pandai berkomunikasi serta kemandirian. Semua itu pendidikan, tapi tau ga arti dari pendidikan?
Menurut gue pendidikan sendiri adalah suatu usaha yang terencana untuk mewujudkan suasana belajar secara aktif dan dapat mengembangkan potensi diri untuk memiliki suatu keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat. Biasanya di Indonesia seseorang baru mendapatkan "pendidikan" saat dia di perguruan tinggi. Tapi lo tau ga perguruan tinggi itu apa? Bukan!!! Bukan berguru ditempat yang tingi tapi satuan penyelenggara pendidikan tingkat tertinggi. Menurut gue sih setiap orang itu wajib belajar, bukan seperti program pemerintah, maksud belajar gue disini adalah setiap orang mampu mengembangkan kemampuan/bakatnya ga perlu pendidikan formal. Karena orang pasti lebih mempelajari sesuatu yang dia sukai. Nah orang itu akan memperdalam terus bakatnya hingga ke perguruan tinggi.
Cawang, 21 Oktober 2014

0 komentar:

Posting Komentar