Terkadang kita sebagai manusia terlalu berharap dengan apa yang jauh disana, padahal yang terbaik sudah didepan mata. Dan terkadang lawan bicara kita tidak tau bahwa dirinya tengah dicintai. Karena wanita adalah makhluk yang aneh,saat kita yakin kepadanya, dia berubah dan pergi.

Senin, 13 Oktober 2014

The Tielman Brothers

Oke dimalam yang sesunyi ini aku sendiri tak ada yang menemani. Sori sori kebawa suasana tadi, jadi kali ini gue mau nyeritain tentang band Rock n' Roll tertua di dunia. Yap!!! The Tielman Brother. Pasti banyak yang belom tau tentang band ini, oke gue bakal ngedongeng sebentar. The Tielman Brother. Iya mereka semua bersaudara, mereka anak dari Herman Tielman asal Kupang dan Flora Lorine Hess.The Tielman Brothers merupakan band Belanda-Indonesia pertama yang berhasil masuk internasional pada 1950-an. Mereka adalah salah satu perintis rock and roll di Belanda.
Band ini cukup terkenal di Eropa, jauh sebelum The Beatles dan The Rolling Stones. Berbanggalah!!!!
Genre musik mereka rock and roll, tapi kompeni Belanda biasa nyebut musik mereka Indorock, sebuah perpaduan antara musik Indonesia dan Barat, dan memiliki akar di Keroncong. Dimulai ketika keluarga Tielman pada tahun 1957 hijrah dan tinggal di Breda, Belanda. Nama The Tielman Brothers lebih dikenal di Eropa, terutama Belanda. Di Indonesia sendiri nama The Tielman Brothers masih menjadi nama yang asing, miris sekali dan gue yakin sedikit dari lo yang tau band legendaris ini. Tau The Beatles kan? Nah The Beatles itu ngikutin The Tielman Brothers. Persis banget lo liat aja lantunan musik The Beatles sama The Tielman Brothers. Tapi tetep aja menang The Tielman Brothers soalnya kalo manggung tuh beda banget. Bedanya? Cek aja Video ini.




Personil : Andy Tielman - vokal, gitar
                Reggy Tielman - gitar, banjo, vokal
                Ponthon Tielman - contrabass, gitar, vokal
                Loulou (Herman Lawrence) Tielman - drum, vokal

Gimana? Keren gila kan. Cuma The Tielman Brothers yang manggung kaya gitu. Oh iya itu video udah lama banget jauh sebelom gue lahir sekitar taun 1950-1970an. Musiknya keren, mainnya keren, band kaya gini yang bisa ngangkat derajat Indonesia dimata dunia bukan kaya boiben yang cuma modal bedak doank.




The Tielman Brothers punya fakta-fakta yang cukup gila, seperti jauh sebelum banyak orang terpana dengan permainan gitar yang keren oleh Jimi Hendrix di tahun 1967, salah satu personil The Tielman Brothers, Andy Tielman, sang frontman dari band tersebut udah mulai nyobain teknik itu di tahun 1956 atau 11 tahun sebelum Jimi Hendrix bereksperimen dengan gitarnya. Teknik dan gaya gitar kepunyaan Andy sangat memukau, seperti gitar yang dipetik menggunakan kaki dan gigi dilakukannya jauh sebelum Jimi Hendrix melakukannya. KEREN!!!

Katanya, Paul McCartney, salah satu pentolan The Beatles juga mengagumi dan terinspirasi oleh The Tielman Brothers sebelum The Beatles terkenal di awal tahun 1960-an. Jauh sebelom The Beatles muncul, The Tielman Brothers udah bawain lagu-lagu rock ‘n roll. Saat The Beatles pertama kali manggung di Jerman, mereka sempat melihat penampilan The Tielman Brothers yang perform menggunakan Hofner Violin Bass. Dari situ Paul pertama kali melihat bass Violin Hofner. GILA!!!!

Dibalik kesuksesan The Tielman Brothers, mereka juga sempat mengalami bongkar pasang personil. Buat mereka hal tersebut kaga masalah yang bisa membuat The Tielman Brothers berhenti di tengah jalan. Tapi dari kejadian tersebut, mereka bisa ngebuata prestasi lebih baik lagi, dimana mereka bisa tetap eksis dengan tampil di beberapa negara Eropa lainnya, seperti Belgia dan Jerman.

Tapi sayangnya, tahun 1976 The Tielman Brothers dikabarkan bubar. Katanya mereka bubar karena permainan musik mereka terkesan monoton dan tidak ada perkembangan. Namun nama The Tielman Brothers masih bisa hidup di hati para penggemarnya. Sampe saat ini juga masih banyak karya mereka yang bisa didenger oleh banyak orang di luar negeri, terutama di Belanda.

Saat Andy Tielman masih eksis, dia masih bermain musik dan tinggal di Belanda. Di usia yang sudah tua Andy Tielman lebih banyak rekaman untuk lagu-lagu rohani dan sesekali tampil dengan gitarnya. Sampe tahun 2011, pentolan The Tielman Brothers, Andy Tielman menghembuskan nafas terakhirnya di usia 75 tahun.

Sampe sekarang nama The Tielman Brothers masih terkenal di Belanda dan bisa kita dengar juga nonton di Youtube. Karena emang bisa dibilang Indo-Rock yang muncul karena kepopuleran mereka merupakan pelopor dari lahirnya musik Rock ‘N Roll. Semoga saja musisi Indonesia, bisa membawa nama Indonesia ke kancah dunia lagi, dan manjadi idola publik dunia, seperti The Tielman Brothers.






Sumber

0 komentar:

Posting Komentar