Terkadang kita sebagai manusia terlalu berharap dengan apa yang jauh disana, padahal yang terbaik sudah didepan mata. Dan terkadang lawan bicara kita tidak tau bahwa dirinya tengah dicintai. Karena wanita adalah makhluk yang aneh,saat kita yakin kepadanya, dia berubah dan pergi.

Minggu, 15 Maret 2015

Ilmu Budaya Dasar


Ya! Okeh! Di Minggu malam ini gua baru pulang dari puncak dan keingetan tentang tugas yang satu ini yang kalo ngerjain harus ada mood dulu. okeskip!!! Baik gua bakal ngeposting tentang Ilmu Budaya Dasar. Nah sebelomnya lo tau ga ilmu budaya dasar itu apa? Menurut buku tatang sutarman, ilmu budaya dasar adalah ilmu yang mempelajari dasar-dasar suatu kebudayaan untuk memperkaya pengetahuan. Apalagi kite nih bangsa Indonesia kaya akan budaya, mestinya kudu dipertahankan bidaya kite jangan ampe diambil ama orang laen. Masih inget ga kalo batik pengen diambil sama negara sebelah, untungnya kite masih ada alat-alat untuk membatik, kaya canting gitu jadinya diakui kalo kite, Indonesia adalah asal-muasal batik.


Ilmu budaya dasar ini bertujuan tidak lain merupakan usaha yang di harapkan di kembangakan untuk mengkaji mslah-masalah manusia dan kebudayaan. Nah Ilmu budya Dasar ini semata-mata sebagai salah satu usaha untuk mengembangkan kepribadian mahasiswa dengan cara memperluas wawasan pemikiran serta kemampuan kritikalnya terhadap nilai-nilai budaya, baik yang menyangkut orang lain dan alam sekitarnya. Maupun menyangkut dirinya sendiri. Nah IBD ini punya 2 masalah pokok yang menjadi bahan pertimbangan untuk menentukan ruang lingkup kajian mata kuliah imu budaya dasar. Yang pertama yaitu, aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan masalah kemanusiaan. Sementara yang kedua adalah, hakekat manusia yang universal, akan tetapi yang beraneka ragam perwujudannya dalam kehidupan masing-masing jaman dan tempat. 


Nah tentang kedua masalah pokok diatas nampak dengan jelas bahwa manusia menempati posisi sentral dalam pengkajian. Ilmu budaya dasar bukan ilmu sastra, ilmu tari, ilmu filsafat dan lain ilmu yang terdapat dalam pengetahuan budaya. Ilmu budaya dasar hanya mempergunkan karya-karya yang terdapat dalam pengetahuan budaya untuk mendekti masalah-masalah kemanusiaan dan budaya.

0 komentar:

Posting Komentar