Terkadang kita sebagai manusia terlalu berharap dengan apa yang jauh disana, padahal yang terbaik sudah didepan mata. Dan terkadang lawan bicara kita tidak tau bahwa dirinya tengah dicintai. Karena wanita adalah makhluk yang aneh,saat kita yakin kepadanya, dia berubah dan pergi.

Rabu, 08 April 2015

Manusia dan Kebudayaan

Hadeeeeeehhhh nulis lagi ngeblog lagi (dengan terpaksa). Oke kali ini gua bakal ngebahas tentang manusia dan kebudayaan. Ini juga sebenernye lanjutan materi dari yang pertama tuh tentang ibd. Dosennya langsung ngasih 3 bab sekaligus gila!!!! oke langsung aja simak yee ulasan gua yang ngembat dari temen. Nah, seperti yang lo tau kalo manusia itu makhluk sosial, tidak dapat hidup sendiri alias JOMBLO!!! HAHAHAHAHAHAHAHASU gua juga sendiri  oke skip! Ga cuma gedung yang punya unsur pembangun, manusia juga punya. Manusia punya 2 unsur pembangunan yaitu Fisik dan Kepribadian. Kalo fisik itu kaya Jasad. Iya betul band Trash Metal asal Indo. Bukan bego' maksud jasad disini adalah badan manusia yang bisa dilihat dan disentuh apalagi diraba-raba. Yang kedua itu Hayat, gerakan manusia. Trus ada Roh, jiwa yang ada dalam diri manusia. Nah yang terakhir ini nyeleneh, Nafsu. Tau lah artinya apa. Sedangkan untuk kepribadian ada Id, energi psikis yang menunjukkan ciri alami yang irrasional. Ego, penghubung energi id ke saluran sosial. Superego, energi yang terbentuk dai lingkungan eksternal.




Hakekat manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan yang terdiri dari tubuh dan jiwa sebagai satu kesatuan yang utuh. Kepribadian bangsa timur didunia kan dikenal sebagai bangsa yang ramah dan ga egois. Contohnya Indonesia. Selain sikap ramah tamahnya kite juga punya sikap toleransi yang tinggi. Itu semua kan emang udah budaya dari dulu banget dari jaman bahela kalo kata emak gua. Tapi lo tau ga kebudayaan itu apaan? Nah menurut blog temen gua, kebudayaan itu sebuah seni dan pengetahuan yang ada dalam suatu kelompok manusia yang menempati suatu daerah dan sudah menjadi kebiasaan untuk jangka waktu yang lama. Nah gue kan orang betawi KW seenggaknya gua tau lah nama-nama budayawan betawi nih, Alm. Benyamin Sueb (muke lu jauh!) trus ada Alm. Djuhri Masdjan alias Jojon, baru tau kan lu nama aslinya. Nah kebudayaan ini punya 7 unsur diantaranya ada Religi, Ormas, Pengetahuan,ekonomi, Teknologi dan peralatan, Bahasa, dan kesenian. Kebudayaan juga ada wujudnya 3 malah nih wujudnya ada Gagasan yang bersifat abstrak, Aktivitas yang bersifat konkrit,trus Wujud Benda kaya peralatan seni gitu.


Lanjut. Ada juga Orientasi Nilai budaya. Nah secara universal ada 5 yaitu Hakekat Hidup Manusia, Karya, Waktu, Alam Manusia dan Hubungan manusia. BUKAN PACARAN!!! Oh iye kan kebudayaan kite mulai ngilang nih, nah ini terjadi karna faktor internal kan dari dalam sendiri dan faktor eksternal kaya ngikutin tren barat gitu. Hubungan manusia dan kebudayaan itu ada 3, eksternalisassi, proses manusia buat mengekspresikan diri. Objektivitas, suatu proses dimana masyarakat menjadi realitas objek. Internalisasi prose manusia mempelajari diri mereka sendiri. Yak itulah materi yang bisa gua copas kurangnya mohon maaf namanya juga manusia. Oke see ya again




Sumur

0 komentar:

Posting Komentar