Terkadang kita sebagai manusia terlalu berharap dengan apa yang jauh disana, padahal yang terbaik sudah didepan mata. Dan terkadang lawan bicara kita tidak tau bahwa dirinya tengah dicintai. Karena wanita adalah makhluk yang aneh,saat kita yakin kepadanya, dia berubah dan pergi.

Sabtu, 10 Januari 2015

Beberapa Lagu Avenged Sevenfold yang Harus Ada Diplaylist


Yaaa berhubung tugas udah pada selesei semua dan nilai udah keluar semua gue lanjut ngisi blog gue. Pastinya lo udah tau dong band metal ini. Band asal Long Beach California ini bakal manggung di Jakarta, tepatnya di Parkir Timur Senayan tanggal 18 Januari mendatang. Bagi lo yang emang suka lagu metal atau mau coba denger lagunya Avenged Sevenfold, gue ada list lagu yang wajib didenger.

>

Dari album terbaru mereka, Hail To The King yang menjadi single pertama sangat mengingatkan gue dengan lagu rock taon 80an. Gitar solo di lagu ini memang CLASS!!! Dengan memuncaki tangga lagu rock di Inggris dan Amerika selama 11 minggu lagu ini jadi penglaris album terbaru mereka.



Setelah meninggalnya sang drummer pada 28 Desember 2009, ini menjadi lagu pertama tanpa doi. Dengan rasa sedih dan sangat kehilangan yang mendalam, Synyster Gates melampiaskannya pada lirik ini. Lagu ini juga cocok buat elu elu yang lagi galau.



Unholy Confession menjadi lagu yang paling banyak dibawa saat tour yaitu, sebanyak 544 kali. Dengan scream yang keren dari M.Shadows lagu ini menceritakan usaha seseorang untuk mengakui dosanya. Beraliran metal dan berdurasi 4:43 menit lagu ini cocok buat lo yang lagi ngerjain tugas.


Dengan video klip yang dilarang keras di Amerika Serikat, A Little Peace of heaven menceritakan tentang seorang lelaki yang ditolak cintanya lalu membunuh sang gadis. Sedikit berbeda dari yang lain lagu ini diusung art rock yang dipadukan dengan heavy rock, serta suara tertawa yang diciptakan oleh sang drummer bikin bulu kuduk berdiri. Lagu ini diciptakan oleh sang drummer Jimmy "The Rev" Sullivan.




Melenceng dari Metalcore atau pun Heavy Metal, namun dengan gaya country rock, Dear God membuat album Self-titled A7X sangat laris manis. Dengan peran Johnny Christ yang besar, lagu ini menceritakan tentang persahabatannya dengan Big&Rich. Lagu ini cocok buat di perjalanan.



Dibuat 3 hari sebelum kematian The Rev, Fiction merupakan lagu yang hanya dimainkan hanya dengan 3 instrumen aje. Vokal, drum dan piano. Lagu yang seharusnya berjudul Death sangat susah dijelaskan.



Afterlife. Menceritakan tentang seorang bocah yang terlalu muda untuk mati lalu memoho kepada Tuhan untuk dihidupkan kembali agar bisa jadi seseorang yang diinginkan. Dengan dijiwai heavy metal lagu ini sempat memuncaki tangga lagu Amerika Serikan selama 2 bulan lebih. Dan karena lagu ini A7X mendapat penghargaan MTV Music Awards: Best New Artist.



Dengan drum ala Jimmy dan distorsi Zacky Vengeance dipadukan dengan gitar Syn dan pertama kali diperkenalkan saat konser di Indonesia 2007 silam membuat Almost Easy masuk dalam setiap daftar playlist.

Dengan video klip dari film Natural Born Killers, film kesukaan sang drummer. Lagu dengan yang mengusung metal klasik ini sangat "merdu" dan wajib untuk ada di playlist.






Ticket sale on : dyandraentertaiment.com rajakarcis.com loket.com

Sabtu, 03 Januari 2015

Agama dan Masyarakat


Weleeeh ternyata masih ada 1 bab lagi yang kudu gue posting nih. Mana ujan lagi, dingin, jadi males tapi apa boleh buat namanya tugas kudu di kerjain daripada gue kaga naek tingkat kan kasian emak bapak gue nyari duit. Oke langsung aja gue kasih lo materi tenntang agama dan masyarakat. Agama dulu yeee. Agama menurut wikipedia adalah sebuah koleksi terorganisir dari kepercayaan, sistem budaya, dan pandangan dunia yang menghubungkan manusia dengan tatanan/perintah dari kehidupan. Aneh ya gue juga ga setuju ama pendapat die. Secara etimologis agama adalah sejenis peraturan yang menghindarkan manusia dari kekacauan, serta mengantarkan menusia menuju keteraturan dan ketertiban. Lumayan laah. Sistem yg mengatur tata keimanan (kepercayaan) dan peribadatan kepada Tuhan Yang Mahakuasa serta tata kaidah yang berhubungan dengan pergaulan manusia dan manusia serta lingkungannya (KBBI). Ini yang paling pas menurut gue. Fungsi agama dalam masyarakat itu yaa sikap toleransi, sikap saling menghargai antar agama, memberikan ilmu, penuntun jalan, dan menyatukan. Dimensi komitmen agama itu ada 4 yaitu ; Dimensi keyakinan, dimensi pengalaman, dimensi pengetahuan dan dimensi konsekuensi. Ada 3 tipe kaitan agama dengan masyarakat ; Masyarakat terbelakang dan nilai-nilai sakral, masyarakat pra-industri yang berkembang dan masyarakat industri sekular.
Lanjut ke pelembagaan agama. Agama kan bersifat universal dan mengatur dalam kehidupan, jadi kalo lo ga paham agama lo hidup lo susah. Untuk kepentingan tersebut perlu ada jaminan yang ngasih rasa aman bagi pemeluknya. Jadi agama masuk dalam sistem kelembagaan dan menjadi sesuatu yang rutin. Agama menjadi salah satu aspek kehidupan semua kelompok sosial Yang semula terbentuk dari pengalaman agama tokoh kharismatik pendiri organisasi, kemudian menjadi organisasi kegamaan yang terlembaga. Bisa juga agama menjadi faktor konflik. Contohnya waktu konflik di Poso tuh. Itu kan karena saling ejek agama (CMIIW). Fakta yang terjadi dalam masyarakat bahwa “Masyarakat” menjadi lahan tumbuh suburnya konflik. Bibitnya pun bias bermacam-macam.
Sumur

Kamis, 01 Januari 2015

IPTEK dan Kemiskinan

(HAPPY NEW YEAR 2015)


Jadi di awal tahun baru ini gue melakukan tugas pertama di tahun 2015. Tugas ini mengenai Ilmu pengetahuan teknologi dan kemiskinan. Aneh ya maksudnya apa. IPTEK ko nyambung ke kemiskinan??? Tapi lo tau pengertian IPTEK? Menurut gue, IPTEK itu suatu ilmu yang mengarah ke teknologi, bagaimana cara ngembangin teknologi, menciptakan inovasi, dan membuat sesuatu yang baru. Ilmu itu harus mencakup 4 hal ilmiah. diantaranya ; Objektif, Metodis, Sistematis dan Universal. Objektif maksudnya adalah adanya objek kajian yang ingin diteliti. Metodis maksudnya adalah menggunakan suatu metode untuk mengkaji suatu objek. Sistematis disini artinya semuanya berjalan secara berurut. Universal disini maksudnya adalah berguna untuk seluruh dunia. Teknologi juga punya arti tersendiri.
Tahun 1937 seorang sosiolog Amerika bernama Read Bain mengatakan bahwa teknologi meliputi semua alat, mesin, aparat, perkakas, senjata, perumahan, pakaian, peranti pengangkut/pemindah dan pengomunikasi, dan keterampilan yang memungkinkan kita menghasilkan semua itu. Fenomena teknik pada masyarakat kini, menurut Sastrapratedja (1980) memiliki ciri-ciri sebagai berikut : Rasionalitas, Artifisialitas, Otomatisme, Monisme, Universalisme, dan Otonomi.
Ciri-ciri teknologi barat yang gue tau sih yaaa maju, canggih, keren, dan mahal. Ilmu pengetahuan adalah ilmu untuk menyelidiki suatu objek, menemukan inovasi untuk suatu objek, dan membuat suatu objek yang bermanfaat. Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yg diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia (KBBI). Nilai adalah sesuatu yang menyempurnakan manusia sesuai dengan hakikatnya (KBBI).


Kemisikinan emang masih jadi wabah buat negara kita, bayangin aja tingkat penurunannya cuma 0.7 persen dari tahun 2012-2013 – tingkat penurunan terkecil dalam satu dekade terakhir, menurut Bank Dunia. Kemiskinan adalah suatu keadaan dimana terjadi ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar. Ciri-ciri orang yang hidup dibawah garis kemiskinan itu yaa hidup gelandangan, tinggal di kolong jembatan, ngamen, dan pendidikan yang rendah. Tapi kemiskinan juga punya fungsinya. Fungsinya, penyediaan tenaga untuk pekerjaan tertentu, menimbulkan rasa simpatik, sehingga munculnya badan amal dan zakat untuk menolong kaum miskin yang ada, sebagai kaum yang merasakan kinerja pemerintahan dalam perbaikan ekonomi dan sumber inspirasi kebijaksanaan teknokrat.

Sabtu, 27 Desember 2014

Pertentangan Sosial dan Integrasi Masyarakat

Jadi di hari yang lagi ujan ini dan liburan yang mau abis dengan malasnya gue ngerjain tugas lagi,tugas tentang masyarakat lagi. Jado pertentangan sosial di dalam masyarakat itu salah satu konflik yang biasanya timbul dari berbagai faktor sosial yang ada dalam masyarakat.Nah itu adalah salah satu konsekuensi dari adanya perbedaan dan tindakan yang menyimpang.


Perbedaan kepentingan itu merupakan sifat naluriah disamping persamaan kepentingan. Maksudnya adalah pendapat atau kepentingan seseorang yang berbeda dengan yang lainnya, terkadang bisa menimbulkan perdebatan yang bisa berakhir secara damai atau sebaliknya berakhir secara anarkis. Tapi jika dicermati, perbedaan kepentingan dapat disiasati dengan saling bertoleransi dan meningkatkan solidaritas antar masyarakat agar bisa tetep nyaman. Kepentingan merupakan dasar dari timbulnya tingkah laku individu, karena adanya dorongan untuk memenuhi kepentingannya. Kepentingan ini biasanya bersifat penting untuk kehidupan individu itu sendiri, jika berhasil maka ia akan merasakan kepuasan dan sebaliknya, jika tidak maka akan muncul masalah lagi. Perbedaan kepentingan itu antara lain berupa :
1. kepentingan individu untuk memperoleh kasih sayang
2. kepentingan individu untuk memperoleh harga diri
3. kepentingan individu untuk memperoleh penghargaan yang sama
4. kepentingan individu untuk memperoleh prestasi dan posisi
5. kepentingan individu untuk dibutuhkan orang lain
6. kepentingan individu untuk memperoleh kedudukan di dalam kelompoknya
7. kepentingan individu untuk memperoleh rasa aman dan perlindungan diri
8. kepentingan individu untuk memperoleh kemerdekaan diri




Diskriminasi adalah pelayanan yang tidak adil terhadap individu tertentu, dimana layanan ini dibuat berdasarkan karakteristik yang diwakili oleh individu tersebut. Diskriminasi merupakan suatu kejadian yang biasa dijumpai dalam masyarakat manusia, ini disebabkan karena kecenderungan manusian untuk membeda-bedakan yang lain. Diskriminasi ada 2 jenis yaitu ; 
Diskriminasi langsung, terjadi saat hukum, peraturan atau kebijakan jelas-jelas menyebutkan karakteristik tertentu, seperti jenis kelamin, ras, dan sebagainya, dan menghambat adanya peluang yang sama. Diskriminasi tidak langsung, terjadi saat peraturan yang bersifat netral menjadi diskriminatif saat diterapkan di lapangan. Sementara etnosentrisme adalah kecenderungan untuk melihat dunia hanya melalui sudut pandang budaya sendiri dan diajarkan kepada anggota kelompok secara sadar atau tidak, bersama-sama dengan nilai kebudayaan. 
Pertentangan yang biasa terjadi dalam masyarakat cenderung menimbulkan respon-respon yang tidak baik. Konflik dapat memberikan akibat yang merusak diri seseorang, anggota kelompok dan masyarakat. Konflik dapat mengakibatkan kekuatan yang konstruktif dalam hubungan kelompok.
Ada 3 elemen dasar yang merupakan ciri-ciri dari situasi konflik:
1. Terdapat 2 atau lebih unit-unit yang terlibat.
2. Mempunyai perbedaan yang tajam (kebutuhan, tujuan, masalah, nilai, sikap dan gagasan).
3. Terdapat interaksi diantara bagian-bagian yang mempunyai perbedaan tersebut



Integrasi berasal dari bahasa inggris “integration” yang berarti kesempurnaan atau keseluruhan. Integrasi masyarakat dimaknai sebagai proses penyesuaian diantara unsur-unsur yang saling berbeda dalam kehidupan masyarakat sehingga menghasilkan pola kehidupan masyarakat yang memilki keserasian fungsi. Definisi lain mengenai integrasi adalah suatu keadaan di mana kelompok-kelompok etnik beradaptasi dan bersikap komformitas terhadap kebudayaan mayoritas masyarakat, namun masih tetap mempertahankan kebudayaan mereka masing-masing. Suatu integrasi sosial di perlukan agar masyarakat tidak bubar meskipun menghadapi berbagai tantangan. Sementara integrasi Nasional adalah penyatuan bagian-bagian yang berbeda dari suatu masyarakat menjadi suatu keseluruhan yang lebih utuh atau memadukan masyarakat-masyarakat kecil yang banyak jumlahnya menjadi suatu bangsa. Selain itu dapat pula diartikan bahwa integrasi bangsa merupakan kemampuan pemerintah yang semakin meningkat untuk menerapkan kekuasaannya di seluruh wilayah (Mahfud MD, 1993: 71).

Minggu, 21 Desember 2014

Masyarakat

LIBUR TELAH TIBA!!!
LIBUR TELAH TIBA!!
HORE!!! HORE!!! HORE!!!

BUANGLAH TAS DAN BUKUMU
BAKARLAH TUGAS-TUGASMU

LIBUR TELAH TIBA!!!
LIBUR TELAH TIBA!!!
MAIN SEPUASNYA!!!
Jadi gimana liburan lo-lo pada? Enak kan? Liburan ke luar kota, taon baruan ama keluarga, natalan dirumah pacar. Enak banget yaa. Kalo buat gue, libur hanya untuk yang lemah. Soalnya tanggal 31 gue ujian, dan tanggal 2 nya gue udah masuk kuliah lagi. LIBUR HANYA UNTUK YANG LEMAH. Oke jadi disuasana liburan ini gue terpaksa kembali ngurus tugas gue tentang Masyarakat. Sebelomnya lo tau ga masyarakat itu apa? Menurut wikipedia, masyarakat adalah sekelompok orang yang membentuk sebuah sistem, dimana sebagian besar interaksi terjadi antar individu dalam kelompok tersebut. Untuk menjadi masyarakat juga ada syaratnya vrooh, bukan cuma jadi pacar aja yang harus bersyarat. Sekelompok manusia dapat dikatakan sebagai sebuah masyarakat apabila memiliki pemikiran, perasaan, sistem/aturan yang sama. Karena jika tidak ada pemikiran,perasaan,sistem yang sama akan terjadi perpecahan dan diskriminasi.Ada beberapa tipe masyarakat yaitu ; Masyarakat paksaan, Masyarakat merdeka, Masyarakat kultur, dan Masyarakat nature. Masyarakat itu dibagi jadi 2 jenis vrooh, perkotaan dan desa. Masyarakat perkotaan adalah sekelompok masyarakat yang tinggal dikota dengan sifat tertutup, lebih mementingkan profesi, dan lebih bersifat individualisme.
Pada umumnya masyarakat kota lebih bersifat individu sementara sifat solidaritas dan gotong royong sudah mulai tidak terasa lagi. Nah ciri-ciri masyarakat kota itu heterogen, padat penduduk, longgarnya hukum dan toleransi, serta tertutup. Bedanya masyarakat kota dengan masyarakat desa itu bisa dilihat dari ketat atau tidaknya norma, rasa solidaritas, profesi, lapisan sosial, dan ketergantungan. Hubungannya apa? Hubungannya adalah desa menjadi pemasok tenaga kerja untuk kota, dan kota sebagai penghasil barang-barang, kebutuhan atau jasa-jasa untuk desa. Setiap hal punya aspek negatif dan positif begitu pula dengan desa-kota. Aspek negatif, diantaranya ; urbanisasi yang berlebihan, meningkatnya kriminalitas, tenaga potensial didesa menjadi berkurang, pengangguran dan lain sebagainya. Aspek positif, diantaranya ; masuknya teknologi ke desa, pendapatan desa meningkat karena pemberdayaan desa-kota, modernisasi desa. Nah perkotaan ini punya 5 unsur, diantaranya ; wisma, karya, marga, suka dan penyempurnaan. Kota juga fungsi eskternal yaitu sebagai tempat berjalannya pemerintahan, produksi barang dan jasa, pusat ekonomi nasional dan satuan fisik-infrastruktural yang terkail dengan arus regional/global.
Menurut Peraturan Pemerintah Nomor 72 Tahun 2005 tentang Desa, disebut bahwa Desa adalah kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas-batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat, berdasarkan asal usul dan adat istiadat setempat yang diakui dan dihormati dalam sistem Pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Ciri-ciri desa, penduduk <2500 jiwa, wilayah tidak begitu besar, proses sosial yang lambat, serta pendidikan yang rendah. Ciri-ciri masyrakat pedesaan, terdiri dari laki-laki dan perempuan, bergantung pada alam, ketatnya norma, gotong royong, pembagian kerja di antara warga-warga kota juga lebih tegas dan mempunyai batas-batas yang nyata dan toleransi yang tinggi. Gotong-royong juga ada macamnya diantaranya ; kerja bakti, membantu yang terkena musibah dan memperbaiki area yang rusak/tercemar.  Sifat dan hakikat masyarakat desa itu bersifat kaku tapi ramah terhadap satu sama lain, adat-istiadat masih tinggi dan ketatnya norma yang ada. Gejala-gejala yang ada di masyarakat pedesaan yaitu ; konflik, kontravensi dan kompetisi. Sistem budaya petani di Indonesia itu bergantung pada alam, bekerja sama untuk mengerjakan hal yang sulit, kerja untuk hidup. Unsur desa ada 3 yaitu ; daerah, penduduk, dan tata kehidupan. Desa berfungsi sebagai pemasok bahan pokok dan tenaga kerja dan daerah hinterland. Perbedaan masyarakat desa dan kota terdapat pada cara beradaptaasi, struktur sosial, norma yang ada, dan sifat toleransi.


Sabtu, 22 November 2014

Lapisan Sosial

Malam ini malam minggu
Kau menunggu di rumahmu
Selamat malam dunia
Ku siap ’tuk berpesta
Tunggu aku di sana
Bertemu oh baby

Pasti lu bcacanya pake nada kan?potongan lirik Jikustik-Selamat Malam Dunia yang lumayan terkenal di tahun 2005an sampe sampe boyben menyerang. Oke balik lagi bersama gue di malam minggu yang kelam ini gue baru dapet tugas yang tentu saja tidak sedikit. Jadi kali ini gue bakal ngebahas tentang *liat buku* oke kali ini gue bakal bahas tentang Pelaspisan Sosial dan Kesamaan Derajat. Tau ga pelapisan sosial itu??? Menurut mbah gugel, Pelapisan sosial atau yang biasa disebut Stratifikasi sosial adalah pembedaan atau pengelompokan para anggota masyarakat secara vertikal. Prosesnya terbagi menjadi 2 yang pertama karena tidak disengaja, yang kedua karena disengaja. Yang tidak disengaja. Terjadi karena proses pertumbuhan penduduk berjalan dengan sendirinya kalo kata orang galau mah "Let it flow". Di lapisan yang terjadi dengan sendirirnya ini,maka kedudukan seseorang pada suatu strata didapat secara otomatis, misalnya karena usia tua, karena pemilikan kepandaian yang lebih. Yang disengaja. Nah kalo yang ini yang biasa ada di masyarakat. Maksudnya disengaja disini adalah untuk mengejar tujuan hidup. Jadi seseorang bisa naik-turun kasta dari profesinya atau penghasilannya. Nah dalam masyarakat ada beberapa sistem lapisan. Ada 2 sistem yang pertama tertutup dan yang kedua terbuka. Sistem pelapisan tertutup. Simplenya siiih yaa dalam suatu lapisan sosial ga bisa pindah-pindah lapisan kaya sistem kasta gitu. Kalo udah kesatria yaa ga bisa pindah jadi pendeta atau pedagang.Nah kalo yang terbuka keballikannya aja. Bisa pindah-pindah lapisan sosial. Contohnya yaa kaya orang kantor ada yang jadi manager, ada yang jadi direktur, ada juga yang jadi OB. Ada beberapa teori tentang pelapisan sosial ini. Menurut Aristoteles pelapisan sosial dibagi menjadi 3 yaitu kaya, menengah dan melarat. Menurut Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi menyatakan bahwa, selama didalam masyarakat ada sesuatu yang dihargai dan setiap masyarakat pasti mempunyai sesuatu yang dihargainya maka barang itu akan menjadi bibit yang dapat menumbuhkan adanya sistem berlapis-lapis dalam masyarakat.
Selanjutnya kesamaan derajat. Bukan Deri Drajat. Jadi maksudnya disini antara pria dan wanita itu tidak ada diskriminasi. Setara. Sama. Ga ada pembedaan. Kalo laki-laki bisa jadi bos perempuan juga bisa. Kalo laki-laki bisa jadi presiden, perempuan juga bisa. Kalo laki-laki bisa jadi atlet, perempuan juga bisa. Tapi kalo genteng bocor pasti yang benerin laki-laki, perempuan ga mau.
Kesamaan derajat udah diatur di UUD 1945 tentang persamaan hak. Diantaranya pasal 27 ayat(1), pasal 29 ayat(2), pasal 28 dan pasal 31 ayat(1)dan(2). Didalam 4 pasal tersebut ada 4 pokok hak asasi pokok pertama, mengenai kesamaan kedudukan dan kewajiban warga negara di dalam hukum dan di muka pemerintahan. Pokok Kedua, ditetapkan dalam pasal 28 ditetapkan, bahwa “kemerdekaan berserikat dan berkumpul, mengeluarkan pikiran dengan lisan dan tulisan dan sebagainya ditetapkan oleh Undang-Undang”.Pokok Ketiga, dalam pasal 29 ayat 2 dirumuskan kebebasan asasi untuk memeluk agama bagi penduduk yang dijamin oleh negara.Pokok Keempat, adalah pasal 31 yang mengatur hak asasi mengenai pengajaran. Elite adalah sekelompok orang yang dalam masyarakat menempati kedudukan tinggi. Dalam arti lebih khusus lagi elite adalah sekelompok orang terkemuka di bidang-bidang tertentu dan khususnya golongan  kecil yang memegang kekuasaan. Nah elite ini ada fungsinya juga. Fungsinya yaitu untuk menyisihkan satu golongan tertentu untuk memiliki kekuasaan dan mendapatkan kedudukan yang tinggi.
Sementara massa adalah suatu sifat fisika dari suatu benda yang biasanya disinonimkan dengan berat. Ngeh itu mah fisika yak haha sori sori dosen fisika gue ngajarnya kurang bener. Jadi massa itu menurut gue adalah sekelompok masyarakat yang turun ke jalan untuk melakukan unjuk rasa dan terjadi secara spontan. Ciri-ciri massa itu terjadi secara spontan(uhuy), terdiri dari semua lapisan sosial,sedikit berinteraksi dan kalo ada polisi langsung kabur


Sumur
Sumur

Senin, 03 November 2014

MISTERI EKSEKUSI MATI IMAM DI/TII KARTOSOEWIRJO TERUNGKAP

Jadi di hari yang ngeboSENIN ini dan doi yang lagi kesel sama gue gegara potonya gue taro di pet (baca : path) dengan hati yang berat gue menulis ini (kenapa begini????) oke skip!!! Jadi kali ini gue bakal ngasih tau informasi yang "dikubur" selama yaa kurang lebih 50 tahun laah. Sedikit tentang Kartosoewirjo. Sekarmadji Maridjan Kartosoewirjo lahir di Cepu, Jawa Tengah, 7 Januari 1905 – meninggal 5 September 1962 pada umur 57 tahun adalah sufi Islam Indonesia yang memimpin pemberontakan Darul Islam melawan pemerintah Indonesia dari tahun 1949 hingga tahun 1962, dengan tujuan menggulingkan ideologi Pancasila dan mendirikan Negara Islam Indonesia berdasarkan hukum syariah. Misteri eksekusi mati Imam dan Pimpinan Darul Islam/Tentara Islam Indonesia (DI/TII) Sekarmadji Maridjan Kartosoewirjo terungkap. Selama 50 tahun, pemerintah Soekarno dan Soeharto menyembunyikan lokasi eksekusi sang Imam untuk mencegah balas dendam dan reaksi para pengikutnya yang fanatik.Disinyalir pula pulau ini jadi tempat eksekusi pemimpin DI/TII Kartosuwiryo di Pulau Onrust Kepulauan Seribu DKI Jakarta Selama ini Kartosoewirjo dipercaya masyarakat dieksekusi dan dikubur di Pulau Onrust, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Bahkan ada makam yang disebut sebagai makam sang imam di sana. Ternyata salah besar. Adalah sejarawan dan budayan Fadli Zon yang membuka misteri yang tersimpan 50 tahun lalu itu. Lewat buku Hari terakhir Kartosoewirjo : 81 Foto Eksekusi mati Imam DI/TII’, terungkap Kartosoewirjo dieksekusi mati dan dikuburkan di Pulau Ubi, Kepulauan Seribu.

Buku foto ini merangkai perjalanan akhir sang imam. Mulai makanan terakhir yang dimakannya, perjalanannya ke pulau, hingga ditembak mati tentara dan disalatkan serta dimakamkan.“Sebuah fakta yang terkubur selama 50 Tahun, Kartosoewirjo dieksekusi September 1962,” kata Fadli dalam undangan peluncuran bukunya yang digelar di Galeri Cipta II, Taman Ismail Marzuki (TIM), Jl Cikini Raya, Jakarta Pusat, Rabu (4/9). Selain itu Fadli juga memamerkan 81 foto terakhir Kartosoewirjo. Pameran ini digelar mulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB. Kartosoewirjo memproklamirkan berdirinya Negara Islam Indonesia (NII) 7 Agustus 1949 di Tasikmalaya, Jawa Barat. Soekarno kemudian mengirimkan tentara dari Divisi Siliwangi dan satuan-satuan lain untuk menumpas gerakan Kartosoewirjo. Peperangan gerilya di belantara Jawa Barat berlangsung lama. Baru tahun 1962 gerakan ini dipatahkan. Kartosoewirjo ditangkap tentara Siliwangi saat bersembunyi dalam gubuk di Gunung Rakutak, Jawa Barat tanggal 4 Juni 1962. Soekarno menjatuhkan hukuman mati pada Kartosuwiryo. Sebenarnya, Kartosoewirjo adalah sahabat karibnya. Dulu Soekarno, Muso dan Kartosoewirjo sama-sama ngekos di rumah Tjokroaminoto di Surabaya. Tapi ketiganya akhirnya memilih ideologi dan jalan yang berbeda. Nasib Kartosoewirjo pun berakhir diterjang timah panas regu tembak tentara Soekarno. Beberapa foto sebelum eksekusi :
Keterangan tulisan gambar : 1. Pertemuan terakhir Kartosoewirjo dengan keluarga (istri dan anak) sebelum dibawa ke pulau Ubi.

Keterangan tulisan gambar : 12. Setelah penyampaian pesan terakhir, Kartosoewirjo berfoto bersama keluarga. Berdiri (kiri-kanan) : Tahmid Basuki Rahmat, Dodo Mohammad Darda. Duduk (kiri-kanan) : Kartosoewirjo, Dewi Siti Kalsum, Kartika, Komalasari, Danti.

Rendang Jadi Menu Makan Siang Terakhir Kartosoewirjo. Kartosoewirjo berfoto bersama keluarga untuk terakhir kalinya, sebelum dieksekusi mati.



Keterangan gambar : 26. Kartosoewirjo naik ke kapal PGM.


Keterangan gambar : 34. Kartosoewirjo akan berganti pakaian.


Setelah mendarat di Pulau Ubi, Kepulauan Seribu, Kartosoewirjo dibawa ke sebuah lokasi di mana tiang papan pengikat sudah tertancap.
Keterangan Gambar : 39. Kartosoewirjo dan tentara dalam perjalanan menuju tempat eksekusi.

Keterangan gambar : 41.  Kartosoewirjo dalam perjalanan menuju tempat penembakan.





“Berpakaian putih-putih, dengan mata ditutup kain, Kartosoewirjo diikat pada tiang tersebut dan di depannya berdiri eksekutor yang terdiri dari 12 orang siap menembak mati.
Tak ada yang tahu pada senjata siapa peluru disarangkan. Namun sesaat setelah komandan memberi instruksi, beberpa peluru menembus dada kiri Kartosoewirjo” tulis Fadli Zon dalam bukunya yang berjudul Hari Terakhir Kartosoewirjo.

Seusai eksekusi, jenazah Kartosoewirjo pun kemudian diperiksa tim dokter untuk memastikan bahwa pria yang kelahiran 7 Febriari 1905 di Cepu, Jawa Tengah itu sudah tidak bernyawa.
Usai pemeriksaan, jenazah dimandikan dengan air laut, dikafani dan disalatkan,tulis Fadli Zon yang juga Waketum Gerindra dalam bukunya. Jenazah Kartosoewirjo diangkat dengan sebuah tandu dan dibawa ke tepi laut untuk dimandikan. Kemudian Jenazah Kartosoewirjo Dimandikan dengan Air Laut, jasad Kartosoewirjo dikafani dan disalatkan tepi pantai. Dari sekian banyak orang yang hadir, diantaranya ialah beberpa perwakilan instansi pemerintah, hanya empat petugas yang ikut mensalatkan. Setelah itu jenazah Kartosoewirjo dikuburkan, tulis Fadli yang juga sedang mengambil program Doktoral Ilmu Sejarah ini.
Pulau Ubi yang merupakan bagian dari gugusan Kepulauan Seribu menjadi saksi proses eksekusi Sekarmadji Maridjan Kartosoewirjo. Imam DI/TII yang memproklamirkan berdirinya Negara Islam Indonesia itu dieksekusi regu tembak dari TNI pada 5 September 1962.
Seperti dikutip dari buku Fadli Zon berjudul ‘Hari Terakhir Kartosoewirjo, yang diluncurkan pada, Rabu, (5/9/2012). Terdapat 81 foto yang mengungkap, proses awal eksekusi hingga penguburan. Berdasarkan foto ada sekitar lima peluru yang bersarang di dada sebelah kiri Kartosoewirjo. Ditambah tembakan jarak dekat sebagai eksekusi terakhir dari komandan regu tembak. Foto-foto dalam buku Hari Terakhir Kartosoewirjo, setelah mengebumikan jenazah, tertulis caption Kapten Rochdam (Rochani Kodam) V/Djaja sedang berpidato agar para hadirin turut mendoakan almarhum Kartosoewirjo.